Minggu, 02 Oktober 2011

koreksi WD 40 :)

Menurut Om Perry R.:
Menganggap WD 40 untuk pelumas rantai sepeda, merupakan persepsi yang salah. Banyak penguna sepeda mengangap WD 40 bisa digunakan untuk rantai. 2 tahun lalu saya pernah bertanya, minyak rantai sepeda apa yang baik. Jawabannya WD 40, beruntung saya tidak mengikuti saran itu. Kemarin muncul kembali pertanyaan seperti itu, dan dijawab dengan WD 40. Apakah anda tahu manfaat WD 40. Minyak WD 40 adalah minyak pencegah karat untuk membersihkan kotoran dan korosi. Bahkan saat ini sudah banyak bermunculan produk pelumas sejenis seperti WD40. Berikut penjelasan asal mula minyak WD 40 dan manfaatnya.

Bahan WD 40 dikembangkan untuk pemakaian militer, berfungsi untuk mencegah karat bagi pelindung misil atau rudal. Saat ini bahan WD 40 dimanfaatkan juga untuk pembersih di rumah, mencegah karat dan membersihkan bahan metal seperti engsel , tool atau perkakas dan sebagainya. Dampaknya memang bagus bila terdapat bahan metal seperti engsel disemprotkan cairan WD 40, dalam beberapa menit akan menghilangkan bunyi pada engsel pintu atau lemari. Melihat fungsi cairan tersebut seakan menjadi pelumas ke bahan metal. Sayang persepsi tersebut salah.

Dari sisi rantai sepeda, komponen ini bekerja dengan tekanan berat, perpindahan rantai yang bergerak cepat. Disini perbedaan fungsi pelumas WD 40. WD 40 bukan untuk pelumas bagian rantai, bahkan bukan untuk bagian drivetrain sepeda. Tugas WD 40 hanya digunakan untuk membersihkan kotoran. Dampaknya dari pemakaian pelumas WD 40 pada komponen sepeda malah membuat kering permukaan logam. Mengunakan WD 40 akan lebih buruk dibandingkan pemakaian komponen sepeda tanpa diberikan pelumas sama sekali. Bukan hanya rantai, tetapi semua komponen drivetrain sepeda dianjurkan tidak memakai WD40 sebagai pelumas atau minyak sepeda.

Jangan mengambil jalan pintas untuk mengunakan WD 40 dengan alasan murah dan mudah didapat. Hindari pemakaian WD 40 untuk sepeda anda. Gunakan pelumas khusus untuk rantai anda, apakah untuk medan kering atau basah. Pemakaian WD 40 akan membuat komponen sepeda terlihat bersih kembali. Tetapi permukaan yang perlu di lindungi oleh minyak malah mengering dan menghilang





#edisibajakan

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Kalo aku pake merk PRIMO Lubewax pelumas rantai yg ada waxnya u sepeda gunung dan rantsi sepeda motor Yamaha mobe saya. Memang lebih awet deh. Tapi terakhir ini Primo adakan promosi produk barunya Slickwax, kulihat diwebsitenya http://autohome.jcprimo com katanya lebih tahan karat tnggi dan tahan aus 25x (ada demo produk) hari itu, hrgnya 270 ml kubeli sktr 80 rban. Ini produk memang kuakui bekerja luarbiasa juga yah, rantai gw biasanya 6 bln dah rusak, skrg lbh 2 tahun masih mantap hehr...ga rugi beli mahal sedikit....soalnya kerja melumasi mudah tapi nyita waktu juga lho...

Posting Komentar

 
;